Perawatan Harian Sepeda Motor

Cara merawat sepeda motor

Sebenarnya merawat sepeda motor itu tidak serumit kelihatannya jika dilakukan rutin, Karena jika kita malas merawat secara rutin itu malah akan menambah masalah lain bagi sepeda motor anda contohnya : jika kita tidak pernah ngecek tekanan ban maka itu akan trjadi kebocoran karna pergesekan ban dalam dan ban luar (untuk yg bukan pake ban tubless) sehingga terjadi panas berlebih pada ban yg mengakibatkan ban terkikis dikit demi dikit sehingga terjadi bocor

Baiklah sekarang kita bahas satu persatu perawatan sepeda motor yg sederhana yg bisa dilakukan sehari hari

1. Pada pagi hari awal mulai stater motor jangan menggunakan stater electrik karena mesin motor masih dingin meskipun anda tergesa tergesa, tapi gunakan kick stater(diengkol)

2. Saat manasin motor awal jangan di gas rpm tinggi(biarkan pada stasioner/idle karburator) bertujuan agar oli mesin yg masih dibawah bak penampungan terpompa melumasi seluruh mesin silinder head dan katup katup

 3. Cek tekanana ban ideal tekanan ban adalah 35-40psi jika tidak punya alat ukurnya ya manual pencet pake tangan hehe, serasa itu dah cukup keras ya sudah, kalau tidak pukul dngn benda keras jika suara sudah bunyi tung tung (bunyi nyaring) berarti udah cukup

4. Cek Rantai anda dengan cara menekan rantai, dengan kelonggaran normal (GERAK BEBAS NAIK TURUN) 2-2,5 cm dan jgan lupa dikasih pelumas rantai atau oli bekas jika rantai terluhat kering, jngan kebanyakan memeberi pelumas rantai karna nanti malah bikin kotor(nyiprat ke part yg lain)

5. Cek air accu supaya accu tidak mledak karena kehabisan air accu,  iya karena kehabisan air accu maka accu bisa mledak saat di gas di rpm tinggi , karna saya pernah mengalami sendiri

Baiklah mungkin sementara ini dulu yg bisa saya sampaikan untuk merawat sederhana kendaraan anda supaya tidak terjadi hal yg tidak diinginkan di dalam perjalanan, untuk perawatan yg lebih detail lagi saya akan bahas dilain judul dan dilain waktu tentunya.

Terimaksih sudah mengunjungi blog saya jangan lupa jempolnya 😁👍

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA BONGKAR & ATASI PERMASALAHAN DINAMO STATAER mio j

fungsi pilot jet dan mainjet karburator

SETELAN KARBU NAMBAH PERFORMA MOTOR