SETELAN KARBU NAMBAH PERFORMA MOTOR


Setelan karburator terkadang kita memandang hanya sepele tp sebenarnya hanya dengan menyetel karburator seimbang dengan kerja mesin maka akan kita dapat perbedaan yg segnifikan pada motor kita
Setelan karburator yg benar benar pas adalah ketika motor kita kencang dan masih terasa irit maka itu sudah seimbang. Kadang untuk menemukannya itu yg tidah mudah kita harus gonta ganti spuyer pilot atau main jet berkali kali untuk dapat setingan yg seimbang
      Baiklah untuk mengetahui bagaimana seharusnya spuyer yg pas kita bahas satu per satu gejala yg terjadi
    1. Ketika motor terasa berat di awal itu bisa terjadi karena pliot jet yg terlalu besar dan main jet terlalu kecil maka pada tarikan awal motor akan berat seperti nahan power yg belum keluar dan nanti setelah di gas setengah putaran gas akan terasa enteng tarikannya
Untuk itu kita harus mengecilkan ukuran pilot jetnya lalu coba aja pasti motor akan lebih spontan dan tarikan awal enteng tp jangan terlalu kecil karena itu berakibat mesin cepat panas dan tarikan atas atau setelah top speed seperti gak ada tenaga lgi. 
   2. Jika tenaga motor di top speed hilang itu bisa kita ganti dengan memperbesar main jet nya karna main jet ini bertugas untuk mengganti tugas pilot jet disaat gas poll,  tapi juga jangan terlalu besar karena itu menjadikan terlalu boros jadi saat start awal susah dan saat top speed pun juga akan turun tenaga , tp turun tenaganya bukan karna keiritan tapi karna keborosan, perbedaanya memang sedikit sekali antara motor keiritan dan motor keborosan  untuk yg sudah berpengalaman pasti sudah tau
       Untuk mengetahuinya kita bisa lihat busi ketika ujung busi putih berarti irit dan jika pada ujung busi kotor hitam berarti keborosan
Untuk normalnya biasanya busi berwarna coklat kemerahan pada motor 2 tak untuk motor 4 tak biasanya busi berwarna coklat muda cenderung putih
     3. Untuk penambah peforma biasanya kita meremer karburator atau memperbesar lubang venturi bertujuan untuk menambah bahan bakar yg masuk keruang bakar
Tp biasanya itu untuk motor race atau buat balapan, roadrace maupun drag bike, untuk itu perlu menambah CC atau oversize supaya langkah isap juga semakin besar agar seimbang dengan lubang ventury yg besar, secara otomatis pasti akan memperbesar juga ukuran pilot  jet dan main jet juga
    4. Setelan udara pada karburator itu juga mempengaruhi kerja karburator karna itu untuk menyeimbangkan campuran udara dan bahan bakar , untuk penyetelanya dengan pengalaman saya pribadi  biasanya saya nyalakan motor dulu lalu saya gas -+1/4 putaran gas atau saya gas dengan tujuan mesin tidak masti saat setelan udara kita putar kekanan, setelah itu saya diamkan gas segitu trus saya putar ke kiri perlahan hingga saya temukan raungan motor paling tinggi lalu saya stop stelah itu kita lepas gas, klo ingin stasioner tinggal saya putar setelan stasioner yg saya inginkan
     Mungkin ini dulu yg bisa saya sampaikan kalo ingin bertanya seputar karbu silahkan karna masih banyak yg belum saya bahas  disini karna bingung mau nulisnya kalo tidak ada pertanyaan, dan malah jadi beloptan hehehe 😜😀👍🔧 SELAMAT OTAK ATIK 🔧🔨

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA BONGKAR & ATASI PERMASALAHAN DINAMO STATAER mio j

fungsi pilot jet dan mainjet karburator