CARA BONGKAR & ATASI PERMASALAHAN DINAMO STATAER mio j

Cara bongkar dinamo matic yg harus kita lakukan pertamakali adalah kita harus tau dulu letak dinamo setater , letaknya dinamo stater pada motor matic. mio j ada di bawah filter injeksi seperti pada gambar di atas, untuk membokarnya kita harus buka sayap samping kanan kiri trus buka filter, jangan lupa lepas aki/accu dulu supaya aman. setelah terlepas swmua ada baut dengn kunci L , buka bautnya lalu tinggal lepas kabel2 maka terlepas sudah
Setelah terlepas dari dudukannya , lalu bongkar dinamo setater ada 2 baut buka dengan kunci 4/5 saya lupa 😅, karena saya xuman buka pake tang bautnya panjang karena itu baut utama , setelah terlepas tinggal tarik aja tapi hati2 karena di dalam ada magnet seperti gambar di atas , jadi agk berat nariknya
setalah terlepas nanti dapat kita lihat gulungan spullnya , jika itu kotor pada bagian tembaga beraihkan dengan amplas halus pelan2 aja , trus celah2 itu juga diberaihkan karena jika itu kotor dapat membuat dinamo setater tidak berfungsi dengan baik, gejanya kadang bisa kadang gak bisa mutar dinamonya
Setelah gulungan spullnya terlas kita bisa lihat kepala pada dinamo stater bagian dalamnya ada arang atau colbooter , harus hati saat melepas gulungan spull tadi karena colbooster ini ada pernya yg berfungai mendorong batang arang tersebut, dapat kita lihat gambar diatas klo colbooster nya sudah habis itu adalah penyebab utama dinamo stater tidak bisa berputar, supaya dinamo stater kembali normal maka gantilah dengan colbooster yg baru harganya murah tapi masangnya yg susah😜😅 perlu kesabaran yg tinggi karena ada 2 pegas yg harus ditahan untuk memasangkan gulungan spul tadi. jika tidak bisa sendiri mungkin anda harus cari bantuan teman untuk nahan per tersebut  
ini dulu dari saya untuk cara bongkar dinamo stater mio j

Komentar

Postingan populer dari blog ini

fungsi pilot jet dan mainjet karburator

SETELAN KARBU NAMBAH PERFORMA MOTOR