CARA MENGOPREK MESIN 4TAK

Untuk mengoprek mesin 4tak bisa dibilang lebih sulit dari 2tak karna mesin 4tak pada katup isap dan buangnya digerakan oleh poros nok, (noken as) untuk itu penyetingan pada katup ini tidak boleh salah
Yg pertama adlh menaikkan/menambah cc/ over size
   Gunanya menaikkan cc adlh untuk menambah performa mesin agar menjadi lebih bertenaga dan menambah power mesin. Dan cara menaikkan cc adlh dengan memperbesar ruang bakar, dapat dilakukan dgn mengganti piston (over size) yg lebih besar, untuk kurannya bisa di custome sendiri menurut spek masing2,
Yg kedua memadatkan kompresi.
   Gunanya memadatkan kompresi adlh untuk menambah akselerasi motor agar lebih spontan. Karna saat cc naik pasti kompresi menjadi low, maka dari itu mesin tidak balance yg mengaakibatkan pembakaran pada ruang bakar tidak sempurna karna bahn bakar trlalu kaya(bnyak bahan bakar). Untuk menaikkan kompresi bisa dngn cara mengepras kop , mungkin biasanya mengepras kop ini dibarengi dengan merubah dudukan klep (katup masuk&buang) karna jika terlalu pendek mengepras(dibubut) klep akan notok/menabrak piston , jadi diukur dngn matang , biasanya kepras kop hnya 1mm-2mm untuk motor 4tak
Selain kepras kop kita juga bisa memajukan langkah torak atau distrok, yaitu memajukan lubang pada poros engkol sehingga setang seker dapat lbih kedepan ,memajukan ini gak usah banyak 2 pling cukup 5mm-10mm itu sudah banyak mmberi perubahan
Yg ketiga merubah sudut noken as
     Gunanya merubah sudut ini adlh untuk mempercepat langkah isap dan memepercepat langkah buang, untuk merubah noken as ini adalah yg paling sulit karna perlu ukuran yg tepat, jika anda pemula saya sarankan untuk beli noken as yg udah reacing, sekarang udah banyak beredar dipasaran noken as recing, atau juga bisa custome ke bengkl yg udah trnama ya mungkin untuk harga emang lebih mhl tp kualitas bagus.
Yg keempat memperbesar lubang katup
    Gunanya adlh untuk menambah pemasukan (pada langkah isap)bahan bakar dan memepercepat pembersihan ruang bakar (pada langkah buang). Caranya bisa mengganti klep/katup yg ukuranya lebih besar dr standarnya,  cari klep yg lebih besar lalu suruh aja tukang bubut untuk menyesuakan lubang klep tersebut , biasanya untuk tukang bubut saya srankan ke tukang bubut yg paham tentang motor, atau tukang bubut motor race ,
Sementara sekian dulu besok tak sambung lagi
*Yang kelima membuat knalpot
       Diameter knalpot juga mmpengaruhi peforma mesin, karna semakin besar diameter knalpot itu akan membuat gas sisa bahan bakar langsung terbuang bersih, tp kebesaran diameter knalpot juga tidak bagus karna akan membuat kerja mesin ngoyo dan malah ngempos tidak ada tenaga, jadi diameter knalpot juga disesuaikan dengan masuknya bahan bakar,besarnya cc dan besarnya kompresi
*yg ke enam memperbesar pengapian 
       
pengapian motor harus dibuat lbh besar supaya pengapian lebih sempurna yaitu dengan cara mengganti CDI Racing atau bisa juga dengan memajukan pengapian supaya percikan busi lebih mendekati ke TMA(Titik Mati Atas) sehingga pembakaran lebih optimal ,bahan bakar yg masuk keruang bakar bisa terbakar semua, mungkin ini tambahan dari saya, lama gak bukak blog 😁 , mungkin cara2 lain akan saya publish dngn judul lain trimakasih banyak , kita sama2 belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA BONGKAR & ATASI PERMASALAHAN DINAMO STATAER mio j

fungsi pilot jet dan mainjet karburator

SETELAN KARBU NAMBAH PERFORMA MOTOR