PERAWATAN SEDERHANA MOTOR MATIC
Untuk merawat motor matic kita harus sering cek maksimal 1bln sekali. karena motor metic meskipun simpel tapi mempunyai berupa komponen sperpart yg harus di cek contoh seperti CVT. dalam CVT bnyk kompen seperti belt , roller , CVt depan CVT belakang , dan gardan.
Gambar diatas adalah gambar bagian mesin metic pada bagian CVT untuk merawatnya kita harus buka bagian tersebut lalu kita bersihkan dengn kompresor. untuk detilnya lagi CVT depan itu dibuka lagi nanti ada roller lalu kita cek jika udah tidak bulat sempurna maka roller harus ganti supaya saat perpindahan dari lebar ke rapat (dari kecil ke besar) tidak terjadi kendala seperti agak nahan). lalu beri sedikit pelumas pada bosh nya, (maaf gambar bosh nya blm ada). trus CVT yg belakan juga dibuka lalu semprot dengan kompresor karna biasanya kampas dari CVT belakang yg pasti menyebabkan kotor karna terkikis.
Gambar diatas adalah gambar bagian mesin metic pada bagian CVT untuk merawatnya kita harus buka bagian tersebut lalu kita bersihkan dengn kompresor. untuk detilnya lagi CVT depan itu dibuka lagi nanti ada roller lalu kita cek jika udah tidak bulat sempurna maka roller harus ganti supaya saat perpindahan dari lebar ke rapat (dari kecil ke besar) tidak terjadi kendala seperti agak nahan). lalu beri sedikit pelumas pada bosh nya, (maaf gambar bosh nya blm ada). trus CVT yg belakan juga dibuka lalu semprot dengan kompresor karna biasanya kampas dari CVT belakang yg pasti menyebabkan kotor karna terkikis.
Gambar diatas adalah contoh belt yg sudah harus diganti karena pada bagian dalam sudah retak2 jika terus dipake maka akan menyebabkan belt putus dan mau gak mau kita harus nuntun hehhe.
Gambar diatas adalah filter karburator atau injeksi filter ini wajib dan harus bersih karena merupakan pernafasan penting untu karburator ataupun injeksi, jika filter kotor maka bersihkan dn semprot dengan kompresor, jika benar2 kotor dan gak bisa beseih maka harus ganti dngn yg baru , harganya mungkin -+40rb samapi 50rb ntuk yg imitasi jika asli kurang tau 😁😅 karna blm prnah beli yg asli 😜.
Gambar diatas adalah letak oli gardan di ganti disitu ada baut 12 ada 2 buah buka yg bawah untuk menguras oli gardan dan buka yg atas untuk mengisi kmbali olj gardan. oli gardan cuma 100cc dan itu awet karna cuman untuk melumasi gigi gardan , oli kardan awet karena tidak terkena panas yg berlebih, tp juga harus dicek, karena jika kehabsan karna bocor pada parking nya bsa bahaya, ggi gardan dan laker2 nya akan mudah aus dan jadi suara kasar.
Mungkin ini dulu untuk perawatan motor matic ,, masih ada banyak lagisebenarnya yg ada pada motor matic untuk dilain kesempatan kita akan bahas yg lebih detail lag terimakasih sudah berkunjung d artikel saya 👍😊
Komentar
Posting Komentar